20 November 2019 10:24:51
Ditulis oleh Admin

Pelaksanaan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Tahun 2019 di Desa Pulogede

pulogede-tambakboyo.desa.id - Pelaksanaan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang difasilitasi oleh UPT. Puskesmas Tambakboyo dilaksanakan di Desa Pulogede, Tambakboyo, Tuban pada Selasa (19/11) di Balai Desa Pulogede.

Musyawarah Masyarakat Desa ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Tambakboyo dan Pemerintah Desa Pulogede dalam merumuskan solusi dari berbagai permasalahan kesehatan yang ada di desa setelah diadakannya Suvei Mawas Diri (SMD). Sehingga dalam MMD ini disepakatinya berbagai poin untuk arah kebijakan Pemdes dalam mengelola kesehatan di Desa Pulogede.

Yang dimaksud Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah musyawarah yang dihadiri oleh perwakilan masyarakat untuk membahas masalah-masalah (terutama yang erat kaitannya dengan kemungkinan KLB, Kegawatdaruratan & Bencana) yang ada di desa serta merencanakan penanggulangannya.

Adapun tujuan dari Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah (1) agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang dihadapi dan dirasakan; (2) agar masyarakat sepakat untuk bersama-sama menanggulanginya; (3) tersusunnya rencana kerja untuk penanggulangan masalah kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan MMD ini fasilitator dari Puskesmas Tambakboyo, Pemerintah Desa Pulogede dalam hal ini Kades dan perangkat desa, kader kesehatan serta para tokoh masyarakat Desa Pulogede.

Beberapa hasil dari MMD di Desa Pulogede kali ini adalah mensosialisasikan betapa pentingnya warga memiliki kartu asuransi kesehatan, penambahan sarana dan prasarana kesehatan, pembuatan tempat pembuangan sampah, promosi kesehatan, kesehatan tradisional dan promosi pemberian ASI Ekslusif.

Berbagai usul atau solusi dari Survei Mawas Diri (SMD) dalam musywarah ini mendapatkan sambutan yang baik dari Pemdes, terutama Kepala Desa Pulogede, Abdul Jalil. Kepala Desa Pulogede mendukung segala upaya dari kader kesehatan Puskesmas Tambakboyo dalam meningkatkan kesehatan di Desa Pulogede. Bahkan dalam setiap pertemuan terutama melibatkan masyarakat, Abdul Jalil sering mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan keluarga, apalagi mengenai penanggulangan penyakit Demam Berdarah.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus